Iklan

jenis jenis karya ilmiah


Secara umum bentuk penyajian karya ilmiah terbagi ke dalam tiga jenis. 3 jenis karya ilmiah tersebut diantaranya yaitu karya ilmiah bentuk populer, karya ilmiah bentuk semiformal, dan karya ilmiah bentuk formal.

1. Karya Ilmiah Bentuk Populer

karya ilmiah ini bisa diungkapkan dalam bentuk karya ringkas, ragam bahasanya bersifat santai (populer) dan menarik dengan kalimat yang mudah dipahami, dan umumnya disukai banyak orang serta dapat di media massa, seperti koran dan majalah.

2. Karya Ilmiah Bentuk Semiformal

Karya ilmiah bentuk ini mengikuti kaidah bentuk formal, namun penyajiannya lebih sederhana. bentuk karya ilmiah semacam ini umumnya digunakan dalam berbagai jenis laporan biasa atau makalah.

3. Karya Ilmiah Bentuk Formal

wujud karya ilmiah  bentuk formal haruslah memenuhi unsur unsur kelengkapan akademis secara lengkap. misalnya skripsi, tesis, maupun disertasi.

Nah, setelah kamu sudah mengetahui penjelasan dari jenis jenis karya ilmiah, sebaiknya kamu juga harus mengetahui pengertian, tujuan, dan manfaat dari sebuah karya ilmiah. untuk itu simak penjelasan lengkapnya berikut. 

Pengertian Karya Ilmiah

Pernah gak sih kamu membuat sebuah karya tulis ilmiah atau karya ilmiah? Jika kita ingin melakukan sebuah penelitian lalu kemudian ingin di dokumentasikan ke dalam sebuah karya tulis ilmiah, kita harus tahu landasan-landasannya, baik secara teoritis ataupun secara faktual.

karya ilmiah adalah tulisan yang berisi tentang fenomena atau peristiwa yang ditulis berdasarkan kenyataan. karya ilmiah biasanya bersifat logis, objektif, sistematis, dan jelas.
  1. logis artinya karya tulis tersebut dapat diterima oleh akal atau pikiran dan dapat dibuktikan dengan terapan ilmu pengetahuan.

  2. objektif artinya karya tersebut harus sesuai dengan fakta, dijelaskan dengan keadaan sebenarnya, dan tidak dipengaruhi oleh subjektivitas pribadi.

  3. selanjutnya karya ilmiah bersifat sistematis, artinya karya tersebut disajikan dengan cara yang teratur sesuai dengan aturan penulisan.

  4. dan yang terakhir adalah karya ilmiah yang bersifat jelas, artinya berbahasa lugas, efektif dan tidak menimbulkan penafsiran ganda.

Adapun beberapa pengertian karya ilmiah menurut para ahli yaitu sebagai berikut.

1. Brotowidjoyo

Menurut Brotowodjoyo, karya ilmiah merupakan karangan ilmu pengetahuan yang menampilkan fakta dan dibuat dengan menggunakan metodologi penulisan yang baik dan benar.

2. Eko Susilo M

Menurut Eko Susilo M, karya ilmiah merupakan suatu tulisan ataupun karangan yang didapatkan sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari dari berbagai hasil pengamatan, penelitian, dan peninjauan terhadap bidang ilmu tertentu, yang disusun dengan menggunakan metode tertentu dengan memperhatikan sistematika penulisan yang baik dan santun, serta dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya.

3.  Hery Firman

Menurut Hery Firman, karya ilmiah merupakan laporan berupa tulisan yang dipublikasikan ataupun dipaparkan dari hasil pengkajian ataupun penelitian yang telah dilakukan, yang dalam penulisannya memperhatikan kaidah dan etika keilmuan yang berlaku di masyarakat keilmuan.

4. Drs. Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi

Menurut Drs. Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi, pengertian karya ilmiah adalah serangkaian kegiatan penulisan yang berlandaskan pada hasil penelitian yang disusun secara sistematis mengikuti metodologi ilmiah, yang bertujuan untuk mendapatkan jawaban ilmiah dari suatu permasalahan.

5. Jones

Menurut Jones, karya ilmiah merupakan karangan ilmiah yang ditujukan untuk masyarakat tertentu ataupun profesional yang biasanya bersifat karya ilmiah tinggi.

Tujuan Karya Ilmiah

Tujuan penulisan karya ilmiah adalah untuk mempublikasikan suatu ilmu pengetahuan kepada masyarakat. selain tujuan tersebut masih ada beberapa tujuan dari karya ilmiah ini diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. sebagai wahana untuk menuangkan ide secara tersurat yang disusun secara sistematis;
  2. sebagai sarana dalam pembuktian dalam menghadapi dan memecahkan masalah;
  3. melatih berfikir dan menulis dibidang ilmu pengetahuan;
  4. sebagai wahana transformasi pengetahuan antara lembaga pendidikan dan masyarakat;
  5. untuk melatih keterampilan dasar dalam melakukan penelitian.

Manfaat Karya Ilmiah

  1. Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif; 
  2. Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber; 
  3. Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan; 
  4. Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis; 
  5. Memperoleh kepuasan intelektual; 
  6. Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan; 
  7. Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya;
  8. Menjadikan hasil karya tulis ilmiah sebagai bahan acuan atau penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnnya.

Ringkasan

karya ilmiah adalah tulisan yang berisi tentang fenomena atau peristiwa yang ditulis berdasarkan kenyataan. karya ilmiah biasanya bersifat logis, objektif, sistematis, dan jelas. Tujuan penulisan karya ilmiah adalah untuk mempublikasikan suatu ilmu pengetahuan kepada masyarakat.

Secara umum penyajian karya ilmiah terbagi ke dalam tiga jenis, jenis jenis dari karya ilmiah tersebut diantaranya adalah karya ilmiah bentuk populer, karya ilmiah bentuk semiformal, dan karya ilmiah bentuk formal.
Previous Post Next Post