Iklan

buku non fiksi


Apa itu buku non fiksi atau buku pengayaan? Non fiksi adalah sebuah tulisan atau karangan yang dihasilkan dalam bentuk cerita nyata. Atau, cerita kehidupan sehari-hari yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Fungsi dari buku non fiksi diantaranya adalah untuk mengisi waktu luang, sarana pengembangan diri, mencegah kepikunan, menambah konsentrasi, dan menambah wawasan.

selain buku non fiksi terdapat buku fiksi yang merupakan sebuah buku yang ditulis oleh pengarang yang tidak bersifat aktual dan faktual, melainkan hanya rekaan berdasarkan khayalan dari penulis atau pengarang. untuk lebih jelasnya mari kamu kita simak terlebih dahulu penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Buku Non Fiksi

Apa yang dimaksud dengan buku fiksi dan buku non fiksi​? Buku Non fiksi Merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Dalam buku nonfiksi, membutuhkan pengamatan dan data dalam pembuatannya, sehingga dapat dipertanggungjawabkan isinya. 

Bahasa yang digunakan biasanya bahasa denotatif atau bahasa sebenarnya, jadi pembaca dapat langsung memahami maksud dari isi buku. 

Buku nonfiksi dibuat berdasarkan pengamatan dan data maka isi dari buku tersebut harus memiliki fakta-fakta. Oleh karena itu, buku nonfiksi sering dijadikan sumber informasi oleh para pembaca.

Sedangkan buku fiksi Merupakan buku yang berisi cerita, sifatnya imajinatif. Tidak membutuhkan pengamatan dalam pembuatannya dan tidak tidak perlu dipertanggungjawabkan, karena ide ceritanya berasal dari khayalan atau imajinasi penulis. 

Bahasa yang digunakan biasanya bahasa kiasan atau konotatif. Jadi, pembaca diajak untuk masuk ke dalam cerita itu dengan bahasa yang tidak biasa.

Biasanya, cerita-cerita nonfiksi melihat sebuah momentum atau kejadian yang penting dan menarik, kemudian diangkat kembali dengan menonjolkan nilai-nilai penting di dalamnya. 

Cerita nonfiksi yang kemudian di bubukan terdiri dari berbagai jenis. Kira-kira apa saja ya jenis-jenisnya? Berikut penjelasannya.

Jenis Jenis Buku Non Fiksi

Buku Biografi

pada urutan pertama ada buku biografi. Buku biografi ini merupakan buku yang berisi riwayat hidup seseorang, contohnya yang sering sekali kita temui yaitu tentang riwayat hidup pahlawan atau tokoh-tokoh berpengaruh. 

selanjutnya buku itu ditulis untuk mendokumentasikan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang tersebut. Buku biografi ini tentunya ditulis agar para pembaca dapat terinspirasi dari peristiwa yang dialami oleh orang tersebut. buku biografi dapat disebut juga buku autobiografi atau memoirs.

Jika Anda membaca artikel ini, kemungkinan kamu baru memulai perjalanan penerbitan Anda. Jadi penerbit tidak akan mengejar kamu untuk menerbitkan cerita Anda (yaitu autobiografi). Tetapi menulis biografi (kisah hidup orang lain) jelas merupakan suatu pilihan. 

Jika Anda mengenal orang-orang sukses yang telah membuat tanda dalam bidang pekerjaan mereka, dan Anda memiliki keterampilan menulis untuk menjadikan kisah mereka menjadi hidup, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menulis buku biografi atau memoar seseorang yang menjalani kehidupan yang diinginkan pembaca. menemukan yang menarik. 

Keuntungan besar adalah bahwa orang yang Anda tulis terkenal (bahkan jika Anda tidak) dan yang dapat menjual buku Anda.

Buku Akademik

Pikirkan semua buku yang Anda baca di sekolah atau di kampus kamu. Anda tidak punya pilihan dalam memilih apa yang Anda baca, bukan? 

Apakah itu terkait dengan sains, seni, teknik, medis, matematika atau lembaga pendidikan mendikte silabus dan buku teks yang direkomendasikan. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk dengan patuh.

Di sekolah dan kampus lain, ratusan ribu siswa melakukan hal yang sama persis. Bayangkan jumlah salinan yang terjual untuk buku-buku itu. 

Namun tidak semua buku akademik masuk ke dalam kategori bacaan wajib. Ada penerbit (seperti Tata McGraw Hill) yang terutama berfokus pada buku-buku akademik.

Buku Literaur

selanjutnya adalah buku literatur. Buku literatur merupakan buku yang memiliki fungsi untuk digunakan sebagai rujukan kajian keilmuan. Buku literatur sering disebut diktat atau buku kuliah. Biasanya, buku literatur sering ditulis berdasarkan penelitian. 

Maka dari itu, buku ini sudah jelas memiliki kadar keilmiahan yang sangat tinggi. Jadi, buku literatur ini sering ditulis oleh dosen atau peneliti.

jenis buku Ini dapat mengambil banyak bentuk salah satunya adalah buku literatur perjalanan. Jurnal perjalanan adalah bentuk literatur yang lebih formal yang dibuat para pelancong selama perjalanan. 

Ini bisa untuk mendidik orang lain yang mungkin tertarik untuk menempuh jalan yang sama atau untuk mendukung diri mereka sendiri (yaitu membantu dalam memenuhi biaya perjalanan mereka sendiri). 

Tulisan perjalanan juga dapat berbentuk buku panduan wisata. Lalu ada fiksi perjalanan, yang mungkin menggambarkan perjalanan faktual, tetapi itu bisa mencakup aspek penulisan kreatif.

Buku Motivasi

Buku motivasi merupakan buku yang berisi kajian psikologis untuk membangkitkan gairah atau semangat bagi para pembacanya. Buku motivasi dapat disusun berdasarkan kajian keagamaan atau moral. 

Biasanya buku ini sering ditulis oleh entrepreneur. Tulisan-tulisannya merupakan kiat-kiat membagi semangat, setelah para entrepreneur ini mencapai satu titik keberhasilan setelah melewati proses yang panjang. 

Dengan membaca buku motivasi, pembaca diharapkan mendapat energi baru untuk meneruskan hidup dan semangat untuk terus berkarya. 

Genre lain yang menghasilkan banyak uang. Setiap orang memiliki masalah. Dan banyak dari mereka mencari cara untuk mengatasi itu. 

Ada sangat sedikit yang mampu membayar penasihat pribadi yang mahal. Bagi sebagian besar orang, buku adalah cara yang lebih mudah, lebih murah, dan lebih mudah diakses untuk memanfaatkan kebijaksanaan para ahli, dalam kenyamanan rumah mereka. 

Jika Anda menganggap diri Anda seorang ahli dalam bidang apa pun (di mana berbicara di depan umum, manajemen waktu, keterampilan antar-pribadi, manajemen kemarahan), dan Anda sudah membaginya dengan teman, keluarga, dan kolega, Anda dapat membawanya ke tingkat berikutnya. 

Tulislah buku yang dapat memotivasi pembacanya dan bisa membuat dampak yang lebih besar. Ubah hidup. Mengubah dunia. dan selain bisa memotivasi para pemcan kamu juga menghasilkan uang yang layak juga. Itu juga bisa meluncurkan atau meningkatkan karir Anda sebagai pembicara tamu, pelatih dan konsultan.

Buku Pendamping

Buku pendamping merupakan buku yang memiliki fungsi untuk mendampingi buku utama. Biasanya buku pendamping disebut pula buku pengayaan. Jadi, buku pendamping ditulis setelah ada buku utama. 

Contohnya, buku pelajaran untuk anak sekolah. Kajian buku pelajaran itu masih bersifat umum. Jadi, buku pelajaran memerlukan buku pendamping untuk menjelaskan buku utama karena ada beberapa bagian dari buku utama yang tidak dijelaskan secara lengkap dalam buku utama.

Contoh Buku Non Fiksi

  1. Buku yang berjudul Sapiens: A Brief History of Humankind
  2. Buku berjudul Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner
  3. Buku berjudul Ketika Mozart Kecil Memainkan Jemarinya
  4. Buku berjudul dengan Perempuan
  5. Terakhir buku berjudul Fisika untuk SMA

jadi itu saja ya penjelasan mengenai buku non fiksi beserta jenis jenis nya. sekarang kalau kamu sudah mengerti tantang apa itu buku non fiksi kamu bisa menulis jenis buku non fiksi yang mungkin bisa membantu dan menginspirasi para pembaca, sekaligus bisa menjadi sumber penghasilan buat kamu. semoga berhasil.
resensi buku non fiksi, contoh resensi buku non fiksi, perbedaan buku fiksi dan non fiksi, buku non fiksi adalah, buku fiksi dan non fiksi, contoh buku fiksi dan non fiksi, ciri ciri buku non fiksi, contoh resensi buku non fiksi pengetahuan.
Referensi Saya
isi dari artikel diatas bukan murni dari saya. semua isi dari artikel ini bersumber dari buku-buku dibawah. saya hanya memodifikasinya sedikit dan dengan konsep yang mungkin bisa membuat kamu mengerti.
  1. ruang guru;
  2. booksoarus.
Previous Post Next Post