Iklan

cara memindahkan file dari laptop ke hp

Mungkin diantara kamu masih ada yang bingung kenapa tidak bisa memindahkan file dari laptop ke hp. sebenarnya bisa memindahkan file dari laptop ke hp. tapi, mungkin cara yang kamu gunakan tidak efektif untuk dilakukan. nah, disini saya akan membagikan tutorial cara memindahkan file dari laptop ke hp dengan sangat mudah.

dunia saat ini benar-benar sudah modern dan apapun bisa kita lakukan dengan teknologi tidak terkecuali barang yang hampir menjadi keharusan bagi manusia seperti laptop, komputer, dan handphone.


dan bagi pemula yang baru membeli barang tersebut ia tidak mengerti bagaimana cara memakai barang tersebut. sering sekali pengguna tersebut mendapatkan masalah seperti bagaimana cara memindahkan file dari hp ke laptop. untuk mengatasi masalah-masalah tersebut silahkan baca artikelnya sampai habis.



Ada Dua Cara Memindahkan File Dari Laptop ke HP


1. Memindahkan File Dari Laptop ke HP Menggunakan Kabel Data

dengan catatan, cara di atas hanya berfungsi untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Android saja. Untuk perangkat lain, pengguna bisa saja memerlukan aplikasi tambahan, seperti iTunes untuk perangkat iPhone, iPad, atau iPod. jika kamu ingin menggunakan cara yang lebih simpel tanpa menggunakan kabel kamu bisa simak materi caranya dibawah.
  1. Hubungkan HP dengan laptop menggunakan kabel data yang sesuai, maksudnya gunakanlah type kabel sesuai hp kamu biasanya ada dua tipe kabel yaitu type-C dan USB.
  2. Pilih opsi Transfer files atau MTP pada menu yang muncul di HP saat berhasil menghubungkannya (menu ini bisa dilihat juga pada USB Options di panel notifikasi)
  3. Buka File Explorer di laptop kamu dan cari file yang akan kamu dipindahkan
  4. Jika sudah ketemu, copy file tersebut dengan memilihnya lalu menekan CTRL + C
  5. Kemudian masuk ke salah satu folder yang ada di partisi perangkat Android (namanya berbeda-beda untuk setiap perangkat)
  6. Lalu paste file nya dengan menekan CTRL + V

2. Memindahkan File dari Laptop ke HP Tanpa Kabel Data

untuk cara yang pertama ini kamu tidak membutuhkan kabel sebagai perantaranya. pada cara ini kamu bisa menggunakan wifi, bloototh atau shareit. kecepatan transfer nya pun tidak buruk-buruk amat. tapi, disini saya hanya akan membagikan cara memindahkan file dari hp ke laptop menggunakan shareit dan wifi saja.

Cara memindahkan file dari laptop ke hp menggunakan shareit

cara mengirim file dari laptop ke hp menggunakan shareit ini sangat mudah. kamu hanya perlu mendownload aplikasi shareit versi windows terlebih dahulu disini. setelah itu pastikan di hp android kamu sudah ada aplikasinya juga. untuk cara mengirim file nya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1: buka aplikasi shareit di laptop kamu, kemudian buka juga aplikasi shareit nya pada perangkat android kamu.

Langkah 2: pada bagian pojok kanan atas ada gambar kotak persegi, kemudian klik saja gambar tersebut. lalu akan muncul beberapa pilihan. lalu pilih saja sambungkan ke PC. setelah itu maka akan muncul pengguna shareit pada laptop atau PC.

Langkah 3: klik nama user pada laptop kamu. setelah kamu klik maka akan muncul pemberitahuan pada perangkat laptop kamu dan pilih terima. 

jika tiga langkah ini sudah kamu jalankan maka artinya laptop kamu dengan hp kamu sudah terhubung dan siap untuk mengirim file dari laptop ke hp atau sebaliknya. sangat mudah dan simpel bukan caranya.


Cara memindahkan file dari laptop ke hp menggunakan wifi

sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya pastikan wifi pada laptop terhubung dengan hotspot handphone kamu dan  kamu harus mendownload terlebih dahulu aplikasi X-plore  pada perangkat android kamu. setelah kamu melakukan kedua hal tersebut ikuti langkah-langkah dibawah.

Langkah 1: Setting advanced sharing setting, caranya kamu buka terlebih dahulu control panel pada laptop kamu. setelah kamu buka pilih Network and Internet, lalu pilih network and sharing center, dan yang terakhir pilih tulisan change advanced sharing settings. kalau kurang paham kamu bisa lihat gambar dibawah.
jika kamu mengikuti langkah diatas dengan baik dan benar maka tampilan nya akan seperit gambar dibawah ini.

jika gambar diatas sudah muncul pada laptop kamu, langkah selanjutnya adalah pada bagian home or work itu kan ada dua pilihan, nah kalian pilih atau centang yang bagian atas semua kecuali bagian password protected sharing kamu pilih yang bawah.

Langkah 2: Setting sharing folder, untuk melakukan langkah kedua ini kamu harus memilih terlebih dahulu folder yang berisi data atau file yang ingin kamu transfer ke handphone kamu. setelah memilih folder tersebut barulah kita bisa melakukan setting pada folder tersebut agar file atau data tadi bisa dikirimkan ke laptop.

pertama yang harus kamu lakukan adalah klik kanan pada tersebut, kemudian kamu pilih properties. kemudian pilih bagian sharing, lalu pilih tulisan advanced sharing, setelah itu aktifkan share this folder. kemudian pilih bagian permissions, lalu pada grup everyone izin kan semua permissions untuk grup tersebut, setelah selesai pilih apply dan tekan ok.

setelah selesai supaya file tadi juga bisa dipindahkan dari hp ke laptop, kamu harus kembali lagi ke bagian sharing, lalu pilih share, kemudian ubahlah permissions level dengan nama everyone dari Read menjadi Read/Write. supaya lebih jelas kamu bisa lihat gambar dibawah ini.

Langkah 3: Setting security folder, langkah ketiga ini bertujuan agar kamu bisa mengontrol laptop kamu secara penuh. pertama klik kanan pada folder yang sudah kamu pilih, kemudian pilih bagian security yang berada disamping bagian sharing, kemudian pilih edit.

setelah itu pilih add, kemudian pilih advanced, lalu pilih find now.

kemudian pada bagian search results kamu cari tulisan everyone, setelah ketemu tekan saja tulisan tersebut dan pilih ok.

setelah itu tekan ok lagi, kemudian pilih apply.

Langkah 4: Selanjutnya tinggal kamu jalankan aplikasi X-plore nya. caranya adalah buka aplikasi nya, kemudian pilih tampilan, lalu aktifkan LAN. 

setelah itu tambahkan server,untuk menghubungkan dengan server laptop kamu bisa menggunakan dua cara yaitu pindai untuk menemukan server laptop kamu atau bisa menggunakan alamat IP laptop kamu seperti pada gambar dibawah ini.


jika kamu berhasil melakukan cara ini maka tampilan nya akan berubah seperti seperti gambar dibawah ini.
jika perangkat android kamu sudah terhubung dengan server dari laptop kamu maka kamu bisa memindahkan file dari laptop ke hp kamu melalui folder yang telah kamu pilih sebelumnya. dengan catatan hotspot hp kamu harus terhubung dengan laptop kamu supaya bisa memindahkan file tersebut. jika tidak terhubung maka akan terjadi error.


Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke HP Menggunakan Bluetooth

perlu kamu ketahui terlebih dahulu MacOS tidak mendukung transfer file menggunakan Bluetooth, alternatifnya adalah AirDrop. Tetapi sebagian besar PC  ataupun laptop modern sudah memiliki opsi Bluetooth, sehingga Anda dapat mengirim file melalui Bluetooth dari perangkat seluler Anda ke laptop kamu atau sebaliknya. berikut langkah-langkah nya mentransfer file dengan bluetooth.

  1. Temukan file yang ingin Anda bagikan melalui Bluetooth.
  2. Buka daftar tindakan (klik kanan pada Windows 10).
  3. Pilih opsi "Kirim Ke" dan pilih Bluetooth dari daftar. Jendela program akan muncul untuk mengirim file ke perangkat Bluetooth lain.
  4. Pilih perangkat yang ingin Anda bagikan. Jangan lupa untuk mengaktifkan Bluetooth di perangkat, jika itu tidak terlihat dalam daftar.
  5. Ikuti langkah-langkah di jendela program dengan mengklik "Next".
  6. Tunggu beberapa detik hingga perangkat penerima melihat notifikasi transfer file. Anda harus menerima transfer pada perangkat penerima, atau tidak ada yang ditransfer dan Anda harus memulai dari awal lagi.
  7. Jika file diterima di komputer, Anda dapat memilih tempat untuk menyimpannya. Secara default, semua file dan folder akan disimpan di folder "Unduh / Terima File".
  8. Jika Anda ingin menghentikan transfer file, Anda dapat mengklik tombol Batal.
  9. Anda dapat memeriksa progres dan status transfer file Anda di jendela program.
  10. Ketika transfer file selesai, klik tombol Selesai. Anda juga akan melihat konfirmasi pada semua file yang diterima (jumlah total transfer yang berhasil / tidak berhasil).

saya sarankan untuk kamu yang ingin menggunakan cara ini, harus menggunakan laptop windows 10. karena jika menggunakan windows 10 kebawah saya kurang yakin jika cara ini akan berhasil. 

jadi itu ya cara-cara untuk memindahkan file dari laptop yang mudah dilakukan dan simpel untuk dikerjakan. tinggal kamu pilih saja cara mana yang menurut kamu mudah kerjakan. Semoga berhasil
Previous Post Next Post