Iklan

bermain mobile legends

sebelum masuk  ke topik pembahasan tips cara bermain mobile legends bagi pemula, hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam bermain mobile legends adalah koneksi internet. koneksi internet sangat berpengaruh pada jalannya permainan pada game apapun termasuk game mobile legends.

sebelum kamu mau melakukan match pada mobile legends, pastikan koneksi internet kamu stabil dan cek juga ping pada mobile legends kamu apakah hijau, kuning, atau merah. karena jika koneksi internet kamu lemot atau tidak kuat maka 80% kamu akan mengalami kekalahan.

karena saat jaringan kamu tidak stabil, itu akan mengganggu jalannya pertandingan kamu. dan pada saat kamu mau mengeluarkan skill atau mau melakukan tim fight, serangan tersebut baru akan keluar setelah dua sampai tiga detik bahkan bisa lebih lama lagi jika koneksi nya benar benar parah.

untuk mengatasi jaringan yang lemot kamu bisa mengaktifkan fitur speed mode. biasanya cara tersebut akan berhasil jika koneksi nya tidak terlalu parah. karena untuk bermain bermain game mobile legends ini kamu butuh koneksi yang stabil. bukan koneksi yang cepat tapi tidak stabil.

Saat koneksi kalian tidak menentu (kadang lag kadang lancar), disarankan untuk tidak bermain Ranked Mode. Mengapa? Ada beberapa alasan kalian tidak boleh bermain ranked saat koneksi tidak menentu.
  1. Pertama, merugikan diri sendiri sekaligus player lain. Saat main ranked, koneksi yang buruk bisa membuat kamu jadi beban team dan feeder. Jadinya kalian mungkin akan terkena Report + KDA dan winrate kalian serta player lain akan turun.
  2. Kedua, bintang pasti akan turun. Kabar Games telah memastikan bahwa jika koneksi kalian buruk, maka kemungkinan menang hanya 15% (untuk tier Master keatas). Jika kalah, tentunya kalian dan player lain akan rugi bintang + kalian kemungkinan terkena report.
Jadi intinya jangan pernah sekali kali bermain Ranked Mode jika koneksi buruk. Karena jika koneksi tidak menentu, lalu kalian memaksakan bermain Ranked, sama saja kalian membuang bintang.


Cara Bermain Mobile Legends Bagi Pemula


1. Pintar Melakukan Farming

bermain mobile legends

Salah satu kunci supaya agar membuat Hero kamu sakit adalah meningkatkan level Hero kamu dan kumpulkan gold sebanyak banyaknya. hal tersebut sangat ampuh untuk membawa tim kamu menuju kemenangan dan hal tersebut juga dilakukan oleh pro player mobile legends lainnya.

Kenapa kita meningkatkan level dan mengumpulkan gold?

Karena jika level kita lebih tinggi dari pada level musuh dipastikan untuk duel Hero bisa kamu menangkan. Apalagi kalau level tersebut diiringi dengan gold yang banyak itu akan membuat Hero kamu menjadi semakin sakit.


bagaimana cara kita meningkatkan level dan mengumpulkan gold?

Caranya adalah dengan melakukan farming. Ada dua tipe noob player yang yang bermain mobile legends. Yang pertama adalah tidak melakukan farming dan yang kedua farming tanpa memperdulikan turret. 

Fokus untuk melakukan farming boleh. tapi, kamu harus tau kapan harus melakukan farming dan kapan harus menjaga turret. Tips dari saya sih kamu harus lebih mementingkan turret terlebih dahulu dari pada farming.

Jadi kapan waktu yang tepat untuk kita melakukan farming?


Ketika kamu melakukan farming kalian lihat terlebih dahulu pada mini map kalian apakah ada Minion yang sedang menuju turret. kalau ada, kamu clear terlebih dahulu Minion itu dan setelah itu baru lah kalian bisa melakukan farming. 


Dengan melakukan clear terhadap Minion itu juga membantu kamu untuk meningkatkan level dan gold. Jad, jangan terburu-buru untuk melakukan Farming yang bisa membuat kamu menjadi noob player sesungguhnya. Nah, untuk melakukan farming seperti pro player, saya sudah merangkum beberapa tips untuk kamu.
  1. Ambil item jungle
  2. Ambil buff top Lane karena exp lebih tinggi
  3. Bunuh minion di Lane
  4. Ambil lord dan turtle.
Baca Juga : 7 Pertanda kalau Dia Diam-Diam Suka Pada kamu 

2. Selalu Perhatikan Mini Map

bermain mobile legends

Faktor yang mungkin membuat kamu masih noob Sampai sekarang adalah tidak pernah melihat mini map. Dalam bermain mobile legends kalian tidak boleh seenaknya sendiri dalam bermain. Kalau kamu 

tidak bisa menghilangkan kebiasaan tersebut kamu tidak akan bisa menjadi pro player bahkan kamu malah dikatain buta map sama teman satu team. Biasanya sih kebiasaan buta map ini dilakukan oleh para bocah atau anak-anak yang tidak tau cara bermain mobile legends dan itu menjadi beban untuk teman satu tim.

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut?


Caranya adalah dengan selalu memperhatikan mini map. Fungsi dari kamu selalu memperhatikan mini map ini adalah kamu bisa mengetahui posisi-posisi musuh. Selain itu kamu bisa mengetahui kalau ada musuh yang sedang melakukan pencurian turret. 


Jika kamu selalu memperhatikan meni map, dipastikan kamu tidak akan dikatakan sebagai buta map lagi dan bisa membuka jalan kalian untuk menjadi pro player dalam bermain mobile legends.

3. Minimal Menguasai Dua Hero

bermain mobile legends

Untuk bisa menjadi pro player, kamu diharuskan bisa menguasai minimal 2 role hero yaitu satu hero yang menjadi favorit kamu dan satunya lagi saya sarankan untuk mempelajari satu hero tank.

Apa aja sih yang harus dipelajari dari Hero tersebut?

Kamu bisa mulai mempelajari emblem nya, skill nya bisa apa aja, skill pasif nya, dan karakteristik dari Hero tersebut.
Untuk Hero favorit saya tidak memaksakan harus bisa Hero apa. 

Tapi, menurut gua untuk Hero favorit kamu bisa mempelajari Hero yang lagi meta sekarang seperti Bruno dan Granger. Dua Hero tersebut bisa menjadi Hero carry untuk team kamu dan bisa membawa kamu pada kemenangan.

Tapi, Kenapa kita diharuskan bisa memakai Hero tank?

Karena salah satu kunci Kemenangan  itu adalah ada pada  tank. Hero tank sangat berpengaruh pada permainan mobile legends. Jika tidak ada tank dipastikan kalian akan kesulitan untuk  bisa menang. 


Jadi untuk menjadi pro player kalian tidak usah banyak memikirkan kill tapi berpikirlah bagaimana supaya bisa menang. 

Menguasai Hero tank juga bisa membuat kamu disebut sebagai pro player kok kalau kamu Memeng benar-benar menguasai nya. Disini saya tidak memaksakan untuk mempelajari Hero tank tertentu. Karena, pada dasarnya semua Hero tank itu health nya tebal semua.

4. Utamakan Kerja sama Tim

bermain mobile legends
Bagi pro plan inti dari sebuah kemenangan adalah kerja sama team. Maksudnya kerja sama tim adalah kalian tidak boleh egois dan seenaknya dalam bermain. 

Misalnya kamu ingin pake Hero marksman. Tapi, sudah ada salah satu dari team kamu yang sudah pick role tersebut. Jika begitu kamu harus pick role Hero lain.

jangan sampai karena keegoisan kamu malah bisa membuat tim kamu mengalami kekalahan. saya sering banget melihat pemain mobile legends sekarang ini hanya karena tidak memakai hero yang dia suka akhirnya dia malah mainnya seperti tidak serius atau ngetroll tim nya sendiri. 

menurut saya hal tersebut tidak bagus bagus untuk dilakukan dan tidak mencerminkan sekali jiwa pro player. 

jika kamu ingin merubah sikap tersebut maka cobalah melakukan untuk kerjasama tim dengan strategi dan komposisi yang baik. berikut adalah strategi yang sering dipakai oleh pro player mobile legends yang bisa kamu terapkan.
  1. satu marksman
  2. satu mage
  3. dua fighter
  4. dan satu hero tank.
kalau strategi diatas tidak memungkinkan maka kamu bisa menggunakan strategi kedua yaitu :
  1. satu marksman
  2. satu mage
  3. satu fighter
  4. satu assasin
  5. dan satu hero tank.
Jika kamu tidak egois dan bisa menerapkan strategi diatas maka kamu bisa dianggap sebagai pro player dan sudah dipastikan kemenangan sudah ada ditangan kamu. Dengan catatan jangan asal pick Hero yang tidak bisa kamu mainkan. Karena itu akan hanya akan membuat beban untuk teman satu tim.

5. Jangan Melakukan AFK

cara bermain mobile legends bagi pemula

Afk adalah perbuatan yang diharamkan pada game mobile legends. Sebenarnya perilaku ini juga diharamkan pada beberapa game online lainnya seperti free fire. 

Selain diharamkan perilaku afk merupakan tindakan yang sangat memalukan bagi pemain mobile legends. 

Jadi, jika kamu ingin menjadi seorang pro player saya sarankan untuk stop afk. Karena afk itu gak ada manfaatnya  Saman sekali dan lahan akan membuat skor kredit kamu turun. ada beberapa alasan kalian tidak boleh saling menghina, meskipun dalam keadaan apapun.

  1. Bisa membuat teman yang kita yang di hina menjadi AFK (keluar dari match). Bila kalian menghina player lain, dan player tersebut sakit hati, pasti dia akan langsung AFK atau hanya diam di base. Jadinya match akan berlangusng 4 vs 5, jika hal ini terjadi kemungkinan besar team kalian akan kalah.
  2. Bisa membuat kerjasama antar player menjadi berantakan, sehingga misalnya saat kalian diserang, player yang kalian hina tidak akan mau membantu kalian. Atau misalnya saat war, player yang kalian hina bakal main sesuka hatinya dan tidak mempedulikan team.
  3. Kalian akan terkena Report. Jika kalian menghina menggunakan kata kata kasar, besar kemungkinan kalian akan direport oleh player lain. Jika kalian terus terusan direport, bukan tidak mungkin kalian akan kena banned dari ML.

6. Jangan saling Hina

bermain mobile legends

Biasanya untuk di tier warrior, grandmaster, dan elite kita sering bertemu dengan player yang noob atau masih pemula. Jika kamu bertemu dengan player atau tim seperti itu, kamu jangan menghina player tersebut dengan kata-kata kasar yang akan membuat player tersebut sakit hati. 

Karena kalau dia sudah sakit hati karena kata-kata kamu tadi, dia bisa saja mengacaukan tim kamu dengan melakukan hal seperti afk atau diam dalam turret. 

jadi, kalau ada teman satu tim kamu yang mainnya agak noob atau noob banget, kamu harus membantunya supaya bisa mendapatkan keseimbangan dalam permainan.

misalnya nih, gua lagi main mobile legends sama teman saya ternyata teman saya ini masih noob. nah, biasanya untuk mengatasi hal ini saya menyuruh teman saya tersebut untuk tidak sendiri atau jika memungkinkan saya sering  membantu dia dalam farming ataupun dalam tim fight.

Jika kamu masih membiasakan kebiasaan menghina teman satu tim kamu karena dia mainnya masih noob, maka cobalah untuk menghilangkan nya karena kalau kebiasaan itu terus kamu lakukan maka kamu tidak akan bisa menjadi pro player.

7. Bermain Aman Jangan Terpancing

bermain mobile legends

Nah ini penyakitnya para pemula maupun noob player (player pemula bukan berarti noob). Mainya tidak hati hati alias nekad. 

Misal ada musuh sekarat, dia kejar meskipun masuk turret, dan hasilnya mereka akan mati karena tertembak turret, atau ada musuh yang berkumpul, tiba tiba noob playeri ini maju sendirian.

Jadi jika kalian yang masih suka mati karena turret atau mati kena gangbang, waktunya kalian berhenti jadi feeder. Bermainlah dengan hati hati, lagipula jika ada teman yang bisa membantu, untuk apa kalian maju sendirian? 

Intinya bermain hati hati salah satu cara menjadi pro player Mobile Legends, jika kalian main nekad, bukan tidak mungkin kalian akan jadi feeder. Berikut ini beberapa tips agar kalian main aman di game Mobile Legends.
  1. Selalu bersama teman se-team agar saat ada musuh yang menyerang, kalian bisa dibantu
  2. Jangan lewat/dekati semak semak jika belum tentu aman (bisa jadi sudah ada musuh menunggu)
  3. pastikan HP/Nyawa hero selalu di atas 3/4 darah agar tidak gampang mati
  4. Selalu lihat map, agar tahu posisi lawan ada dimana
  5. Tidak maju sendirian saat ada lawan bergerombol
  6. Selalu hindari skill lawan (wajib)
  7. Curi turret lawan, tapi harus hati hati
jadi itu saja tips bermain mobile legends yang mungkin bisa membuat cara bermain kamu jadi pro dan mungkin tips dan tricks diatas bisa membawa kamu menuju tier mythic. kunci nya sih terletak pada kerja keras dan jangan mudah menyerah. semoga bermanfaat.
Previous Post Next Post