Iklan

Cara menghilangkan rasa malas
Cara menghilangkan rasa malas



pernah gak sih kamu ngerasain pas mau melakukan suatu pekerjaan yang peting sekali untuk dilakukan rasanya berat sekali untuk dilakukan? padahal kita sudah berjanji nih pada diri kita untuk melakukan hal tersebut hari ini.
 
tapi, setelah di pikir-pikir lagi ahh besok aja deh kan waktunya masih banyak,  pas besoknya ahh lusa aja kan waktunya masih banyak. dan pas lusa nya pekerjaan tersebut masih belum kamu lakukan atau kerjakan sama sekali karena merasa berat melakukannya. 

sehingga membuat pekerjaan tersebut ditunda-tunda terus dan pada akhirnya pekerjaan itu tidak kamu kerjakan sama sekali atau dikerjakan namun dilakukan saat di akhir tenggang waktu yang di kasih (mepet deadline). 

padahal nih, jika hal tersebut terus-menerus dilakukan akan membuat hasil pekerjaan kita menjadi tidak maksimal dan bisa menjadi nol.

pernah gak kamu mengalaminya?

hal tersebut bukan hanya terjadi pada orang dewasa. namun dapat juga terjadi pada remaja-remaja sekarang termasuk saya. dan tentu hal ini banyak dialami oleh para pelajar atau pun mahasiswa mahasiswi sekarang.

terus apa sih penyebabnya?

penyebabnya sendiri harusnya beragam ya. tapi yang paling sering gua dengar  penyebabnya adalah rasa malas. tapi tenang aja disini saya akan menjelaskan satu prinsip yang pasti akan menghilangkan rasa malas kamu dengan cepat dan efektif.

tentu hal ini sangat berdampak pada kalangan pelajar yang pada saat diberikan tugas atau besoknya diadakan ulangan pasti akan merasakan rasa malas tersebut. dan pastinya akan membuat nilai menjadi tidak maksimal atau nol.

Konsep menghilangkan rasa malas

sebelum masuk ke pembahasan nya, kamu perlu mengetahui dulu nih teori dari satu negara yang sangat anti banget dengan rasa malas. negara tersebut adalah negara jepang. 

seperti yang sudah kita ketahui negara jepang adalah negara yang etos kerjanya dan orang-orang nya yang sangat disiplin.

sekarang timbul lah pertanyaan kok bisa ya negara tersebut mempunyai budaya tersebut?

jadi, ternyata orang-orang di jepang sana sudah dilatih sejak kecil untuk untuk mempunyai prinsip tertentu. latihannya adalah mengulang rutinitas kecil yang positif setiap harinya. 

sehingga rutinitas yang dilakukan setiap hari ini membudaya  dan mereka pakai terus sampai dewasa. jadinya pas sudah dewasa membuat orang-orang jepang tersebut menjadi pribadi yang disiplin dan tidak malas-malasan.

nah, konsep diatas diberi nama dengan teknik KAIZEN. nama tersebut diambil dari dua suku kata yaitu KAI yang berarti berubah dan ZEN yang berarti kebijaksanaan. 

kata tersebut mempunyai satu makna yaitu perubahan dalam hidup dapat dapat dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan. teknik KAIZEN ini juga dikenal dengan prinsip 1 menit.

Prinsip 1 menit (KAIZEN)

kenapa prinsip ini disebut dengan prinsip 1 menit? karena prinsip ini mengharuskan seseorang untuk melakukan sesuatu hanya dalam waktu satu menit setiap harinya dalam waktu yang sama.

misalnya kamu ingin pintar main gitar. nah, terus kamu bisa memainkan gitar tersebut pada sekitar jam 8, lakukan hal tersebut setiap hari dalam waktu 1 menit saja. jangan terlalu lama karena jika kelamaan bisa saja prinsip tidak akan bekerja. 

karena prinsip ini sederhana sekali prinsip ini dapat diterapkan di berbagai hal seperti membaca menulis mengerjakan tugas, apapun itu. namun,dengan catatan kamu harus fokus dan konsisten dalam mengerjakannya.

menariknya prinsip 1 menit ini akan membuat kamu lebih bertanggung jawab. karena pada saat kamu berhasil mengerjakan pekerjaan tersebut dalam waktu satu menit, itu akan membuat perasaan kamu lebih baik karena kamu akan merasa lega karena tugas tersebut berhasil kamu lakukan.

perasaan tersebut akan membuat kamu ketagihan karena sudah bertanggung jawab dengan tugas yang kamu punya dan kamu sudah menyelesaikan tugas tersebut. jadinya kayak tadi, ada SENSE OF PROGRESS dalam hidup kamu ini yang bikin kamu ketagihan.

karena bikin nagih 1 menit ini kalau kamu rutinin setiap harinya biasanya bakal nambah nambah terus. mungkin dihari pertama kamu cukup dengan waktu satu menit main gitar atau membaca tapi, di hari selanjutnya 1 menit tadi nambah menjadi 3 menit, dan di hari-hari selanjutnya nambah lagi menjadi 10 menit, nambah terus-nambah terus akhirnya hal tersebut bisa kamu lakukan berjam-jam.

tapi kembali lagi kuncinya adalah kamu harus konsisten dengan melakukannya setiap harinya biar jadi kebiasaan. sekilas prinsip ini meragukan dan gak efektif. prinsip ini tidak akan efektif bila usaha yang kamu lakukan terlalu keras dan tidak rutin.


itu hanya akan menghabiskan menghabiskan tenaga dan bikin kamu lebuh cape, akhirnya kamu jadi males, lama-kelamaan kamu akan merasa bosan dan tidak rutin.


jadi, agar kamu berhasil melakukan prinsip ini kamu harus mengerti terlebih dahulu definisi atau pengertian dari prinsip ini. 

Ingat! perubahan dalam hidup dapat dapat dicapai secara perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan
lebih baik sedikit tapi rutin dari pada langsung tapi amburadul. jika kamu melakukan sedikit sedikit tapi rutin kamu akan lebih menguasai hal yang kamu pelajari dan tidak mudah lupa terhadap hal yang kamu pelajari.


Psikolog yang pernah meneliti prinsip 1 menit

hal yang sudah dijelaskan diatas sudah dijelaskan oleh salah satu psikolog yang berasal dari jerman bernama Hermann Ebbinghaus, di penelitiannya ia mempelajari tentang memori dan kemampuan mengingat. 

dia mengatakan bahwa akan menurun drastis apabila informasi yang didapat hanya satu kali dan tidak perah di review atau diulang lagi informasinya. 

tapi jika kamu berusaha mengulang kembali materi yang sudah kamu pelajari bukan hanya membuat kamu lebih mengerti tapi akan membuat informasi yang ada di otak kamu nempel banget  dengan otak.

nah, apa yang ditemukan oleh Hermann Ebbinghaus ini sejalan dengan prinsip KAIZEN diatas karena ketika kamu mengulang suatu hal maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan dan masuk kedalam memori kamu.

jadi, prinsip KAIZEN atau prinsip 1 menit ini dapat dilakukan oleh siapa pun dalam bidang dan kehidupan apapun karena gampang banget kan melakukannya. kamu hanya perlu meluangkan waktu 1 menit setiap harinya.

prinsip juga sejalan dengan prinsip satu persen karena kalau kamu terus tambahin terus 1 persen setiap hari, maka lama kelamaan satu persen tersebut bisa menjadi ribuan persen dan bisa lebih dari itu.

setelah membaca artikel ini. Kira-kira kapan nih kamu bisa meluangkan waktu satu menit kamu setiap harinya yang kemungkinan hal tersebut bisa menghilangkan rasa malas kamu dan mengubah hidup kamu?


Kesimpulan

jika ada sesuatu yang ingin kamu capai, misalkan kamu ingin menghilangkan sifat malas. untuk mewujudkan hal tersebut, pertama kita harus mempunyai tekad terlebih dahulu. 

setelah mempunyai tekad kalian bisa mempraktikan prinsip yang sudah dijelaskan diatas untuk menghilangkan rasa malas tersebut. jika kalian tekun dan konsisten dijamin metode atau prinsip bisa membantu kalian dalam menghilangkan rasa malas kamu.

Sumber : satu - persen Indonesian Life school, mengatasi sifat malas (metode disiplin orang jepang)

tips cara menghilangkan rasa malas , malas bekerja dan cara menghilangkan rasa malas sekolah, malas kerja dan bagaimana cara menghilangkan rasa malas yang akut pada anak yang ampuh cara. menghilangkan rasa malas yang berlebihan terutama ngantuk di pagi hari, belajar yang berlebihan. cara menghilangkan rasa malas beraktivitas dalam diri saat belajar dan rasa capek yang berlebih. cara menghilangkan rasa malas dan bosan dan malu secara efektif. dalam segala hal cara jitu menghilangkan rasa malas cara menghilangkan rasa malas kuliah

Previous Post Next Post