Iklan

pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi pada bagian, jelaskan perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder, perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder, jelaskan perbedaan antara pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder, pengertian pertumbuhan primer.pertumbuhan primer pada tumbuhan terjadi pada, pertumbuhan primer pada tumbuhan disebabkan oleh aktivitas, pertumbuhan primer pada tumbuhan terjadi pada titik tumbuh yang tersusun atas jaringan,

Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan merupakan hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer pada embrio, ujung akar dan ujung batang. Setelah berkecambah, pertumbuhan primer yang terjadi pada ujung akar, karena pada bagian ini tersusun atas meristem primer apikal.

Pernahkah Anda berpikir bagaimana biji yang hanya berukuran beberapa sentimeter bisa menjadi pohon yang sangat besar? Kapan pertumbuhannya dimulai? Apakah biji yang sudah kering dan disimpan lama dapat tumbuh?

Semua proses ini disebut juga pertumbuhan dan perkembangan. Apa perbedaan pertumbuhan dan perkembangan?

Pertumbuhan (growth) merupakan proses penambahan ukuran (volume, massa, tinggi, dan panjang) yang bersifat tidak dapat kembali (irreversible).

Biasanya dalam pertumbuhan juga terjadi penambahan komponen-komponen yang bersifat padat, meningkatnya berat kering, dan jumlah sitoplasma. Pertumbuhan bersifat kuantitatif, artinya dapat dinyatakan dengan satuan bilangan.

Kemudian, apa yang dimaksud perkembangan? Perkembangan (development) merupakan proses menuju kedewasaan makhluk hidup. 

Perkembangan merupakan perubahan bentuk dan kompleksitas yang terjadi menyertai pertumbuhan. Proses perkembangan bersifat kualitatif artinya tidak dapat diukur.

Suatu makhluk hidup dikatakan sudah dewasa apabila alat reproduksi seksualnya telah berfungsi, misalnya tumbuhan telah mampu berbunga, sedangkan pada hewan dan manusia apabila kelenjar kelaminnya telah mampu menghasilkan sel kelamin. Pertumbuhan dan perkembangan sering juga disebut morfogenesis.

Pertumbuhan pada tanaman merupakan proses bertambahnya ukuran dari kecil hingga sampai dewasa yang sifatnya kuantitatif, artinya dapat kita ukur yang dapat dinyatakan dengan suatu bilangan.

Sedangkan, perkembangan merupakan suatu proses untuk menuju/mencapai kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan.

Sebelum memasuki materi pembahasannya perlu kamu ingat pertumbuhan pada tumbuhan terjadi biji yang berkecambah kemudian menjadi tumbuhan utuh.

Sementara perkembangannya dimulai ketika tumbuhan mulai tumbuh menjadi dewasa, dan menghasilkan bunga, buah, biji, atau alat perkembangbiakan lain.

Nah, pada tumbuhan itu sendiri terbagi atas pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.
  1. Pertumbuhan primer: Pertumbuhan yang terjadi di ujung akar dan ujung batang (meristematik primer), dan
  2. Pertumbuhan sekunder: Pertumbuhan yang terjadi di kambium (meristematik sekunder).

Pengertian Pertumbuhan primer Pada Tumbuhan

Apa itu pertumbuhan primer pada tumbuhan? Pertumbuhan primer pada tumbuhan merupakan hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer pada embrio, ujung akar dan ujung batang. 

Setelah berkecambah, pertumbuhan primer yang terjadi pada ujung akar, karena pada bagian ini tersusun atas meristem primer apikal. Pembelahan sel-sel meristem ini menyebabkan organ batang dan akar bertambah panjang.

Artikel Terkait : Organel  Yang Memiliki Fungsi Penting Didalam Sel

Pada ujung batang maupun ujung akar terdapat tiga zona pertumbuhan, yaitu berturut-turut dari ujung ke arah pangkal adalah zona pembelahan, zona pemanjangan, dan zona diferensiasi.

  1. Zona Pembelahan ,terdapat pada meristem apikal di ujung batang dan ujung akar. Sel-sel nya sangat aktif membelah secara mitosiss. Sel-sel yang aktif membelah tersebut berukuran kecil, tersusun rapat, memiliki nukleus besar, sitoplasma penuh, tidak memiliki runag antarsel, dinding selnya tipis, dan tidak memiliki vakuola atau vakuolanya kecil.

    Ujung akar dilindungi oleh tudung akar. Tudung ini berfungsi untuk melindungi ujung akar dari gesekan dan kerusakan didalam tanah. Tudung akar selalu menyekresikan lendir untuk memudahkan akar menembus tanah. Pada ujung tunas batang, meristem apikal memiliki primordium daun (bakal daun).

    Letak bakal tunas ini dapat saling berpasangan atau berseling. Dibawah meristem ini sel-sel mengalami pemanjangan dan dan akan bersama meristem apikal menjadi kuncup baru pada ketiak daun.

  2. Zona Pemanjangan, sel-selnya menyerap air secara otomatis, menyebabkan vakuola bertambah besar, nukleus terdorong ke tepi sitoplasma dan sel tumbuh maksimal. Pembesaran ukuran sel ini disebabkan penyerapan air dan masuknya zat makanan.

  3. Zona Diferensiasi, terdapat di belakang zona pemanjangan. Sel-sel penyusun mengalami diferensiasi menjadi jaringan epidermis, korteks, xilem, floem yang permaen dan tidak akan membelah lagi pada zona ini terdapat bulu-bulu akar atau rambut akar.
Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan

Antara dua zona pada akar di daerah meristem akan menjadi lebih berjauhan letaknya. Hal ini menunjukkan bahwa kecepatan pertumbuhan pada berbagai bagian akar tersebut tidak merata. Bagian yang pertumbuhannya paling cepat adalah di daerah bagian belakang ujung akar. Makin jauh dari ujung akar, pertumbuhannya semakin lambat.


Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan (Akar)

Akar muda yang keluar dari biji segera masuk ke dalam tanah, selanjutnya membentuk sistem perakaran tanaman. Pada ujung akar yang masih muda, terdapat empat daerah pertumbuhan sebagai berikut.

1. Tudung akar (kaliptra)

Tudung akar atau kaliptra berfungsi sebagai pelindung terhadap benturan fisik ujung akar terhadap tanah sekitar pertumbuhan. 

Fungsi lain ujung akar, yaitu memudahkan akar menembus tanah karena tudung akar dilengkapi dengan sekresi cairan polisakarida. Perbedaan antara tudung akar dikotil dan monokotil sebagai berikut:

Pada tudung akar dikotil, antara ujung akar dengan kaliptra tidak terdapat batas yang jelas dan tidak memiliki titik tumbuh pada kaliptra tersebut.

Pada tudung akar monokotil, antara ujung akar dan kaliptra terdapat batas yang jelas atau nyata dan mempunyai titik tumbuh tersendiri yang disebut kaliptrogen.

Sel-sel kaliptra yang dekat dengan ujung akar mengandung butir-butir tepung yang disebut kolumela.

Baca Juga : Fungsi Retikulum Endoplasma


Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan (Batang)

Pertumbuhan dan perkembangan primer pada batang meliputi daerah pertumbuhan (titik tumbuh), daerah pemanjangan, dan daerah diferensiasi. Meristem apikal pada batang dibentuk oleh sel-sel yang senantiasa membelah pada ujung tunas yang biasa disebut kuncup.

Di dalam kuncup, ruas batang dan tonjolan daun kecil (primordia) memiliki jarak sangat pendek karena jarak internodus (antar ruas) sangat pendek. Pertumbuhan, pembelahan, dan pemanjangan sel terjadi di dalam internodus.


1. Mengukur Pertumbuhan

Pertumbuhan tanaman dapat dilakukan dengan mengukur pertambahan panjang menggunakan mistar, dan dengan penimbangan untuk mengetahui pertambahan massa.

Untuk mengukur pertambahan massa tumbuhan, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mengukur berat basah dan mengukur berat kering.

Pengukuran berat basah tidak menggambarkan pertumbuhan sebenarnya suatu tumbuhan, karena kandungan air tumbuhan dalam sehari dapat berubah-ubah. Bertambahnya berat tumbuhan setelah menyerap air bukanlah pertumbuhan.

Pengukuran berat kering tumbuhan dilakukan dengan cara mencabut tumbuhan hingga ke akarnya, lalu mengeringkannya pada oven pada suhu 100°C. 

Tumbuhan kering kemudian ditimbang beratnya. Untuk memperoleh hasil penimbangan yang tepat, maka perlu dilakukan pengulangan.


2. Laju Pertumbuhan

Laju pertumbuhan adalah jumlah pertambahan panjang/tinggi dalam sentimeter (cm) persatuan waktu (hari). 

Untuk mengukur laju pertumbuhan tanaman, dapat dilakukan dengan memakai alat yang disebut busur tumbuh atau auksanometer atau dengan mistar (cara yang paling sederhana).

Ringkasan Materi

Pertumbuhan terbagi menjadi dua macam, yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan merupakan hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer pada embrio, ujung akar dan ujung batang.

Pada ujung batang maupun ujung akar tumbuhan terdapat tiga zona pertumbuhan, yaitu berturut-turut dari ujung ke arah pangkal adalah zona pembelahan, zona pemanjangan, dan zona diferensiasi.

Pertumbuhan tanaman dapat dilakukan dengan mengukur pertambahan panjang menggunakan mistar, dan dengan penimbangan untuk mengetahui pertambahan massa.

Sedangkan, Untuk mengukur laju pertumbuhan tanaman, dapat dilakukan dengan memakai alat yang disebut busur tumbuh atau auksanometer atau dengan mistar (cara yang paling sederhana).

BIOLOGI XII : PERTUMBUHAN PRIMER PADA TUMBUHAN

Previous Post Next Post